Sunday, February 28, 2016

Berbagai Macam Tempat Wisata di Taman Hutan Raya Saree


Dalam artikel ini, saya akan membahas berbagai macam tempat wisata di taman hutan raya saree. Wisata Aceh, Saree, Aceh Besar, Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia. Salah satu sektor wisata yang sedang dikembangkan dan sedang ramai dikunjungi saat ini adalah rumah pohon, di Tamah Hutan Raya (Tahura) miliknya Dinas Kehutanan Aceh, di Saree, Aceh Besar.
Rumah itu terbuat dari kayu yang kokoh. Posisinya tergantung. Dua pohon pinus menjadi tiang penyangganya. Berdiri di atas rumah pohon, anda dapat menyaksikan deretan hutan pinus di kaki Gunung Seulawah dengan suasananya yang sejuk.


Berada di komplek kantor Unit Pengelola Taman Hutan Raya Meurah Intan, Saree, Aceh Besar, rumah pohon ini terbuka untuk umum. Pengerjaan rumah pohon ini menggunakan anggaran daerah.
Dengan menggunakan kendaraan, lokasi ini dapat dicapai dengan waktu tempuh 1 sampai 1,5 jam perjalanan. Posisi persisnya, antara Kota Saree dan Scout Camp Seulawah.
Selain rumah pohon, ada pula tempat bermain anak-anak di sana. Tak jauh dari sana, ada sebuah kolam renang. Sayangnya, kolam renang itu belum diisi air sehingga belum dapat digunakan.
Perkembangan pariwisata Aceh saat ini semakin maju, salah satu sektor wisata yang sedang dikembangkan dan sedang ramai dikunjungi saat ini adalah rumah pohon ini.
Uniknya dari rumah ini hanya bisa ditempati oleh 15 orang. Kita juga bisa menikmati sekaligus berselfie ria dengan latar berlakang (background) hutan pinus di kaki Gunung Seulawah.
Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan diambil dari nama seorang tokoh perempuan, Pocut Meurah Intan adalah keturunan dari kalangan Kesultanan Aceh. Pocut Meurah Intan merupakan nama panggilan khusus bagi wanita keturunan keluarga Kesultanan Aceh. Pocut Meurah Intan juga dipanggil juga dengan Pocut Biheue karena beliau berasal dari Biheue. 
Sebagai seorang wanita yang terhormat untuk menghormatinya dan generasi saat ini tidak lupa siapa perempuan yang gagah berani itu, maka dibuatlah taman hutan raya yang disandarkan kepada namanya Pocut Meurah Intan yang saat ini terkenal dengan rumah pohon dan air terjunnya.

Selain rumah pohon, taman hutan raya saree juga memiliki air terjun. Berbicara tentang Air terjun, jalan menuju ke air terjun sama sekali tidak mudah, pengunjung harus melewati banyak rintangan. Air terjun terletak seberang jalan dari Tahura dan untuk sampai kemari haruslah dibimbing oleh polisi hutan Tahura. Pengunjung hanya membayar Rp10 ribu per orang untuk menuju tempat tersebut.
Saat melakukan perjalanan ke air terjun, memiliki suguhan pemandangan yang indah. Terlihat pohon pinus tingginya sekitar 6-7 meter dengan daun pinus yang runcing berdiri berjejer mengarah ke arah langit. Jika terik, terlihat kaki langit dicelah-celah pinus dengan siluet yang manakjubkan. 
Perjalanan dilanjutkan kembali menuju air terjun Tahura, kita akan melewati beberapa perkebunan milik warga, kebun pisang dan cabai, melewati dua anak sungai.
Jika anda ingin berwisata ke hutan wisata yang komplit dengan kekayaan flora, fauna dan objek wisata alamnya, tidak salah anda memilih Wisata Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan di daerah Seulawah Agam, Aceh. Di tempat ini anda dapat menikmati pemandangan vegetasi mulai dari hutan pantai, hutan dataran rendah sampai hutan dataran tinggi. Kekayaan fauna dan objek wisata alam yang mempesona seperti air terjun berair panas, tebing batu bersusun, gunung gajah,batu monyet dan lain-lain dapat anda buktikan sendiri di tempat ini.

0 comments:

Post a Comment